Thursday, December 26, 2013

Rindu Gusdur

Rindu Gus Dur

Kamis, 5 Desember 2013 20:44 WIB
artikel ini pernah dimuat di harian Koran Surya
Rindu Gus Dur

Oleh: Enya D.
Mahasiswa Universitas Negeri Malang
Memiliki lima makam wali, Jawa Timur juga dipilih dua presiden Indonesia (Bung karno dan Gus Dur) sebagai tempat peristirahatan terakhir. Dari tujuh wisata makam tersebut, ternyata makam Abdurrahman Wahid (Gus Dur) memiliki kuantitas jumlah pengunjung tertinggi.

Berdekatan dengan makam KH Hasyim Asy’ari, makam Gus Dur tampak sederhana dengan tumpukan batu bata tertata rapi mengelilingi pusara dan dua pot marmer berisi bunga sedap malam di kedua sisinya.
Wisata makam yang pernah diganjar anugerah wisata nusantara ini berlokasi di Desa Tebuireng, Jombang, 10 km dari ibu kota kabupaten arah selatan. Tepatnya di kompleks Pondok Pesantren Tebuireng. Butuh waktu 15 menit untuk tiba di lokasi makam jika menggunakan kendaraan pribadi dari arah stasiun kereta api atau alun-alun kota Jombang.
Tidak perlu takut untuk tersesat karena tempat wisata ini sangat terkenal terutama di Kabupaten Jombang. Hampir seluruh warga kota santri ini, terutama sopir angkutan dan ojek yang biasa mangkal di stasiun tahu persis lokasinya. Jika menggunakan kendaraan umum, peziarah bisa menggunakan jasa antar untuk tiba di lokasi makam di pondok pesantren Tebuireng dengan selamat. Rindu Gus Dur? Yuk wisata makam ke Jombang.

No comments:

Post a Comment